BerandaBlog
4 Cara Mengatasi WC Mampet, Mudah dan Murah!

4 Cara Mengatasi WC Mampet, Mudah dan Murah!

Bagikan
4 Cara Mengatasi WC Mampet, Mudah dan Murah!
Mar 6, 2022

Perkara toilet yang mampet pasti membuat susah orang serumah. Bayangkan saja Anda sedang terburu-buru, tapi tidak ada yang tahu bagaimana cara mengatasi WC mampet. Apalagi kalau ada banyak orang di rumah yang juga harus menggunakan toilet.

Padahal masalah ini bisa diatasi dengan cara yang simpel dan mudah. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah supaya toilet jadi lancar lagi. Bagaimana caranya? Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini, ya!

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Mudah

Langkah pertama yang paling penting saat menghadapi masalah toilet yang mampet adalah jangan panik. Anda bisa mengatasi WC mampet sendiri, hanya menggunakan bahan yang murah dan mudah didapat.

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Seperti sarung tangan karet dan masker. Jika Anda sulit melakukannya sendiri, ajaklah anggota keluarga lainnya untuk membantu.

Berikut beberapa bahan dan cara mengatasi WC mampet yang bisa Anda terapkan:

Air Panas

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan adalah air panas. Caranya pun mudah. Anda hanya perlu menyiramkan air panas pada toilet yang mampet. Siram perlahan-lahan dan biarkan air panas meluruhkan sumbatan pada toilet.

Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring untuk membantu proses ini. Sabun cuci piring memiliki kandungan yang dapat melarutkan kotoran dan lemak. Anda hanya perlu menuangkan sabun cuci piring diikuti dengan air panas.

Setelah itu, diamkan selama beberapa menit agar kedua bahan tersebut bekerja. Lalu siram perlahan dan ulangi langkah yang sama jika masih mampet.

Gantungan Baju

Salah satu penyebab WC mampet adalah adanya benda-benda asing yang dibuang ke dalamnya. Seperti tissue, pembalut, popok bayi sekali pakai, dan lain sebagainya. Padahal seharusnya benda-benda tersebut tidak dibuang ke toilet.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Jika penyebab mampetnya WC adalah benda-benda asing, maka Anda bisa menggunakan gantungan baju berbahan kawat. Pertama-tama, potong gantungan baju tersebut kemudian luruskan. Lalu bungkus bagian ujungnya dengan kain dan selotip.

Setelah itu, masukkan gantungan baju ke toilet dan dorong benda yang membuat mampet. Bantu dengan menyiramkan air sedikit demi sedikit agar lebih mudah terdorong. Jika air sudah menyusut, maka itu pertanda bahwa mampet sudah teratasi.

Botol Plastik Bekas

Kalau Anda punya persediaan botol plastik bekas di rumah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai cara mengatasi WC mampet. Siapkan botol plastik bekas, gunting atau cutter, dan sarung tangan karet. Lalu potong ujung botol plastik bekas tersebut sepanjang 10 cm.

Kenakan sarung tangan karet dan masukkan ujung botol yang sudah dipotong tersebut ke toilet. Tekan botol plastik agar benda yang menyumbat toilet bisa terdorong. Lakukan langkah ini sampai Anda yakin penyebab mampet sudah hilang.

Alat Penyedot Toilet

Selain bahan-bahan diatas, Anda bisa menggunakan alat penyedot toilet untuk WC mampet. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di berbagai tempat dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk melakukan penyedotan toilet sendiri, Anda perlu hati-hati karena mungkin air akan menyiprat. Jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan karet saat menggunakan alat ini, ya.

Panggil Jasa Tukang untuk WC Mampet

Kalau Anda tidak mau ribet atau tidak punya waktu mengurusnya sendiri, Anda bisa panggil jasa tukang di Kanggo. Kanggo siap menyediakan tukang yang akan mengatasi permasalahan toilet Anda.

Jadi, serahkan saja urusan tersebut pada tukang yang ahli dalam cara mengatasi WC mampet. Segera download Kanggo di Play Store atau App Store. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami