BerandaBlog
Membuat Ruang Kedap Suara dengan Styrofoam, Solusi Rumah Anti Bising

Membuat Ruang Kedap Suara dengan Styrofoam, Solusi Rumah Anti Bising

Bagikan
Membuat Ruang Kedap Suara dengan Styrofoam, Solusi Rumah Anti Bising
Feb 10, 2022

Cara membuat ruang kedap suara dengan styrofoam merupakan solusi yang bisa kita lakukan. Jika kita memiliki hobi bermusik di rumah, ruangan kedap suara dibutuhkan untuk menjaga kenyamanan anggota keluarga lain dan tetangga. Lapisan kedap suara membantu kita menjaga suara bising tidak keluar ruangan atau sebaliknya.

Sebenarnya ada banyak pilihan bahan pelapis dinding untuk menciptakan ruangan kedap suara. Namun, salah satu yang mudah dipakai ada bahan styrofoam. Jika Anda tertarik membangun ruangan kedap suara sebagai solusi rumah anti bising, simak cara berikut ini.

Cara Membuat Ruang Kedap Suara dengan Styrofoam di Rumah

Harus diakui kadang ada kegiatan di rumah yang menciptakan bunyi bising. Beberapa contohnya seperti membersihkan rumah dengan penyedot debu, pekerjaan renovasi kecil, hingga kegiatan bermusik di rumah. Tidak semua orang dapat menahan gangguan suara tersebut, namun segan menegur.

Untuk menjaga kenyamanan bersama, kita dapat mendesain rumah atau ruangan dengan lapisan dinding kedap suara. Salah satu caranya dengan lapisan dinding styrofoam. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Cat Dinding Kedap Suara, Solusi Rumah Bebas Berisik

Siapkan Bahan dan Alat

Untuk cara membuat ruang kedap suara dengan styrofoam, Anda bisa mulai dengan menyiapkan alat dan bahannya. Siapkan styrofoam sebagai bahan utama. Lebih baik jika Anda membeli yang berbentuk lembaran papan. Styrofoam berbentuk lembaran lebih mudah untuk dipotong sesuai bentuk yang dibutuhkan dan disusun rapi. Sediakan juga kayu balok untuk kerangka dan lem khusus styrofoam.

Susun Styrofoam Menutupi Dinding

Setelah mengumpulkan alat dan bahan, Anda harus menghitung terlebih dahulu berapa banyak styrofoam yang diperlukan. Caranya dengan membagi luas dinding keseluruhan dengan luas styrofoam. Hal ini merupakan salah satu cara membuat ruang kedap suara dengan styrofoam yang harus kita perhatikan. 

Oleskan lem khusus ke permukaan styrofoam. Setelah itu, Anda bisa menempelkan satu persatu potongan styrofoam ke permukaan dinding. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga seluruh bagian dinding tertutupi.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Percantik Dinding Kedap Suara dengan Gypsum

Tampilan dinding kedap suara dengan styrofoam memang tidak begitu menarik. Untuk mempercantik dinding, Anda dapat menggunakan gypsum. Dengan begitu dinding rumah Anda tetap cantik dan kedap suara.

Untuk membuat dinding gypsum, Anda dapat membuat rangka dari kayu. Pilihlah jenis kayu ini kuat dan mudah didapatkan. Apabila rangka dinding gypsum sudah selesai, segera pasang bahan gypsum pada rangka tersebut. Usahakan untuk memasangnya sesuai dengan petunjuk supaya hasilnya bagus dan rapi.

Baca Juga: 5 Plafon Gypsum Minimalis untuk Tampilan Ruang Tamu yang Elegan

Setelah terpasang, lakukan pengamplasan serta penerapan dempul guna meratakan permukaan dinding tersebut. Apabila semua sudah benar-benar selesai maka finishing dengan cara mengecat permukaan sesuai dengan keinginan.

Bagi Anda yang tidak mau repot dalam menerapkan cara membuat ruang kedap suara dengan styrofoam ini, tidak perlu khawatir. Panggil tukang Kanggo saja. Kanggo siap menghubungkan Anda dengan tukang dinding profesional yang akan membantu Anda membangun ruangan kedap suara.

Temukan tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi. Download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami