BerandaBlog
Cara Membersihkan Lantai Granit dengan Mudah

Cara Membersihkan Lantai Granit dengan Mudah

Bagikan
Cara Membersihkan Lantai Granit dengan Mudah
Mar 23, 2022

Cara membersihkan lantai granit merupakan hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan lantai jenis ini. Lantai granit memang diminati banyak orang karena tampilan mewahnya, namun hal ini diiringi dengan kebutuhan perawatan yang ekstra.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat dan membersihkan lantai tersebut. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit

Sebelum membahas mengenai cara membersihkan lantai granit, kita akan mengulas kelebihan serta kekurangannya terlebih dahulu. Seperti jenis lantai lainnya, penggunaan granit pun memiliki keunggulan serta kelemahannya tersendiri.

Berikut kelebihan penggunaan granit sebagai lantai rumah:

  1. Tampilan mewah dan elegan
  2. Memiliki banyak variasi warna dan motif
  3. Tahan lama dan tidak mudah pecah
  4. Cocok untuk area basah

Sedangkan berikut kekurangan lantai granit untuk rumah:

  1. Harga lebih mahal dibanding keramik biasa
  2. Membutuhkan perawatan ekstra
  3. Proses pemasangan cukup sulit

Baca Juga: Cara Memasang Granit Lantai Elegan untuk Mempercantik Rumah

Cara Merawat dan Membersihkan Lantai Granit

Anda tetap bisa mendapatkan tampilan mewah dan kelebihan lantai granit lainnya selama melakukan perawatan yang tepat. Berikut beberapa hal yang dapat Anda terapkan dalam merawat lantai granit.

Bersihkan Lantai Granit dengan Tepat

Hal pertama yang penting untuk merawat lantai granit adalah membersihkannya dengan rutin dan tepat. Membersihkan lantai granit tidak cukup hanya menggunakan pembersih lantai biasa. Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut:

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
  1. Launtex atau detergen alkali ringan
  2. Baking soda
  3. Sabun cuci piring
  4. Hidrogen peroksida
  5. Cairan pembersih granit atau batu alam
  6. Ammonia

Untuk cara membersihkannya, Anda dapat memilih salah satu bahan diatas. Campurkan dengan air lalu aplikasikan pada lantai granit. Biarkan selama beberapa menit, tergantung bahan yang Anda gunakan.

Untuk hidrogen peroksida, Anda bisa membiarkannya selama 30 menit. Lalu untuk bahan lainnya, proses pengaplikasiannya bisa sekitar 60 menit. Sedangkan untuk baking soda, Anda bisa membiarkannya sampai 24 jam.

Gunakan Alat Pel yang Aman

Selain menggunakan bahan-bahan yang dapat membersihkan lantai granit, pastikan Anda menggunakan alat pel yang aman. Lantai granit sendiri termasuk jenis lantai yang sensitif, terutama terhadap gesekan benda lain.

Untuk itu, cara membersihkan lantai granit yang selanjutnya adalah penggunaan alat pel dari bahan yang halus. Seperti kain microfiber atau kain berserat. Pastikan keadaan kain pel sedikit basah untuk mempermudah proses pembersihan.

Agar lantai granit lebih terjaga, sebaiknya Anda menghindari meletakkan perabot dengan ujung tajam diatasnya. Hindari juga penggunaan alat yang dapat menimbulkan abrasi atau kerusakan pada lantai granit.

Poles Lantai Granit Secara Teratur

Selain melakukan pembersihan, Anda juga perlu memoles lantai granit secara teratur. Pemolesan ini dilakukan menggunakan alat khusus yang akan membuat lantai granit mengkilap lagi.

Proses ini juga bertujuan untuk menjaga kualitas lantai granit sehingga bisa lebih awet dan tahan lama. Sebaiknya Anda melakukan pemolesan secara rutin dan tidak menunggu sampai lantai granit menjadi kusam.

Pastikan Pemasangan Lantai Granit Benar

Pemasangan lantai granit memegang peranan yang penting dalam proses pembersihan dan perawatan lantai tersebut. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pemasangan lantai granit memang cukup sulit.

Jika pemasangan tidak dilakukan dengan tepat, maka lantai granit pun akan lebih mudah kusam atau bahkan rusak. Kalau sudah begitu, perawatan yang perlu Anda lakukan pun menjadi lebih sulit.

Jadi ketika Anda ingin menggunakan granit sebagai lantai rumah, pastikan proses pemasangan dilakukan dengan tepat. Serahkan pemasangan lantai granit pada tukang yang sudah berpengalaman di Kanggo.

Kanggo siap membantu Anda dalam proses pemasangan lantai dan kebutuhan perbaikan rumah lainnya. Jadi sebelum mempraktekkan cara membersihkan lantai granit, serahkan pemasangannya pada Kanggo. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami