BerandaBlog
Cara Memasang Plafon PVC pada Rangka Besi Hollow

Cara Memasang Plafon PVC pada Rangka Besi Hollow

Bagikan
Cara Memasang Plafon PVC pada Rangka Besi Hollow
Mar 8, 2022

Cara memasang plafon PVC pada rangka besi hollow harus diterapkan dengan tepat agar plafon kokoh. Plafon dengan material PVC memang menjadi pilihan banyak orang karena berbagai keunggulannya. Seperti bahannya yang lentur, tahan air, dan tidak mudah terbakar.

Plafon PVC pun dianggap lebih tahan lama dan proses perawatannya lebih mudah. Karena itu, tak sedikit orang yang ingin memasang plafon PVC sendiri. Pembahasan ini akan memberikan cara memasang plafon dengan material PVC pada rangka besi hollow di rumah.

Persiapan Pemasangan Plafon PVC

Sebelum melakukan proses pemasangan, Anda perlu mempersiapkan bahan dan peralatan terlebih dahulu. Berikut bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  1. Papan plafon PVC
  2. Lis plafon PVC
  3. Rangka besi hollow galvanis

Dan berikut peralatan yang perlu Anda siapkan untuk cara memasang plafon PVC yang tepat:

  1. Bor
  2. Cutter
  3. Paku dan sekrup
  4. Palu
  5. Meteran
  6. Siku-siku
  7. Grinder
  8. Waterpass/selang timbangan

Cara Memasang Plafon PVC pada Rangka Hollow di Rumah

Setelah semua bahan dan peralatan siap, Anda bisa memulai proses pemasangan plafon. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti dalam memasang plafon PVC pada rangka besi hollow.

Mengukur Ketinggian dan Area Plafon

Pertama-tama, Anda perlu mengukur ketinggian dan area plafon. Pengukuran ini bertujuan untuk memudahkan proses pemasangan rangka dan papan plafon itu sendiri. Dengan melakukan pengukuran yang tepat, Anda bisa memperkirakan ukuran rangka dan papan plafon yang dibutuhkan.

Ukuran ketinggian plafon yang ideal adalah lebih dari tiga meter. Semakin tinggi plafon rumah Anda, hasilnya bisa semakin bagus. Plafon yang tinggi juga akan memberikan kesan lebih luas pada ruangan di rumah Anda.

Memasang Rangka Besi Hollow

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Selanjutnya, Anda dapat memasang rangka besi hollow pada area plafon. Perlu diingat bahwa pemasangan rangka besi hollow ini adalah rangka yang sudah dirakit. Perakitan rangka besi hollow harus Anda ikuti sesuai dengan instruksi dan desain yang ada.

Saat memasang rangka, pastikan Anda tidak melebihi ring balok karena bisa membuat paku bengkok. Pastikan juga Anda memasang rangka sesuai dengan sudut-sudut yang ada pada area plafon.

Memasang Lis Plafon PVC

Cara memasang plafon PVC yang selanjutnya adalah pemasangan lis plafon. Potong lis plafon PVC terlebih dahulu dengan sudut 45 derajat. Lalu pasang lis plafon ini pada seluruh sisi dinding di area plafon. Kencangkan lis pada rangka besi hollow dengan menggunakan sekrup agar lebih kuat.

Pemasangan lis ini bertujuan untuk mengunci papan plafon PVC agar lebih kokoh. Tahap ini sedikit berbeda dengan pemasangan plafon gypsum. Pada pemasangan plafon gypsum, papan plafon dipasang terlebih dahulu baru diikuti dengan lis.

Memasang Plafon PVC

Tahap terakhir adalah memasang papan plafon PVC yang telah Anda ukur sesuai dengan area plafon. Caranya adalah memasang lembaran papan plafon pada sisi dinding, lalu masukkan ke dalam lis. Gunakan bor dan sekrup dalam melakukan proses pemasangan papan plafon ini.

Pasang papan plafon satu persatu sampai seluruh area tertutup dengan rapi. Jika ada papan yang berlebih, Anda dapat memotongnya supaya bisa pas.

Selesaikan Pemasangan Plafon PVC dengan Rapi

Begitu pemasangan plafon PVC selesai, jangan lupa untuk merapikan sisa-sisa dan sampah yang ada. Selesaikan proses pemasangan dengan rapi dan sempurna agar tampilan ruangan semakin menawan.

Kesulitan untuk memasang plafon PVC sendiri? Anda bisa mengandalkan jasa profesional melalui Kanggo. Kanggo siap membantu Anda menemukan tukang berpengalaman untuk membantu berbagai kebutuhan perbaikan rumah.

Jadi, serahkan saja cara memasang plafon PVC yang tepat pada tukang di Kanggo. Segera download Kanggo di Play Store dan App Store. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami