BerandaBlog
Cara Memasang Keran dengan Benar dan Rapi, Anti Bocor!

Cara Memasang Keran dengan Benar dan Rapi, Anti Bocor!

Bagikan
Cara Memasang Keran dengan Benar dan Rapi, Anti Bocor!
Mar 24, 2022

Cara memasang keran air perlu dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi kebocoran. Mengetahui cara memasangnya akan sangat bermanfaat ketika keran rusak dan perlu untuk segera diganti.

Apalagi jika itu adalah keran kamar mandi atau tempat cuci piring yang sering digunakan. Anda tentu tidak ingin aktivitas mandi dan cuci piring menjadi terganggu karena keran yang rusak, bukan?

Pembahasan ini akan mengulas mengenai langkah-langkah dalam pemasangan keran air dengan tepat. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Baca Juga: Cara Menutup Keran Air yang Bocor dengan Tepat & Mudah

Cara Memasang Keran dengan Tepat

Sebelum melakukan pemasangan keran, terlebih dahulu lepas keran yang lama dan sudah rusak. Bersihkan area keran untuk mempersiapkan pemasangan keran yang baru. Terutama jika ada kotoran yang menumpuk seperti karat dan jamur.

Berikut langkah-langkah untuk pemasangan keran air dengan tepat:

Siapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama, siapkan alat dan bahan yang Anda perlukan untuk proses pemasangan keran. Berikut beberapa alat dan bahan utama untuk pemasangan keran:

  1. Keran
  2. Seal tape
  3. Kunci inggris
  4. Sarung tangan

Tutup Aliran Air

Setelah semua alat dan bahan siap, Anda bisa mulai menerapkan cara memasang keran. Tutup aliran air yang terhubung pada keran agar tidak terbuang sia-sia. Selain itu, menutup aliran air juga bertujuan agar air tidak memancar kemana-mana.

Anda dapat menutup aliran air ini dengan memutar pipa air searah jarum jam. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati agar pipa tidak rusak atau patah. Lakukan pemutaran pipa sampai benar-benar tidak ada air yang keluar lagi.

Baca Juga: Cara Pasang Shower Air Panas dan Air Dingin dengan Tepat

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Aplikasikan Seal Tape pada Drat

Cara memasang keran yang selanjutnya adalah pemasangan seal tape pada drat keran. Lilitkan seal tape pada seluruh bagian drat keran dan pastikan terpasang dengan rapat. Hal ini untuk menghindari kebocoran yang mungkin terjadi pada drat.

Pasang Keran Air dengan Kuat

Setelah memasang seal tape pada drat, selanjutnya Anda dapat memasang keran air. Pasang plat dudukan dan keran air baru untuk menggantikan yang lama. Masukkan keran pada pipa dan putar searah jarum jam.

Jika Anda menggunakan keran air dengan baut, pastikan untuk mengencangkan tiap baut pada dudukan keran. Jangan lupa untuk mengencangkan bagian tengah keran dengan mur dan cincin penutup.

Dalam pemasangan keran air ini, pastikan Anda memasangnya dengan kuat. Hal ini agar tidak terjadi kebocoran yang tidak diinginkan. Selain itu, memasang dengan kuat dapat menghindari keran rusak kembali.

Tes Keran Air

Cara memasang keran yang terakhir adalah mengetes keran air tersebut. Nyalakan keran yang sudah Anda pasang dan lihat apakah aliran airnya sudah lancar. Periksa juga apakah ada bagian yang bocor baik pada keran air tersebut.

Selain mengetes keran, pastikan juga untuk menyelesaikan proses pemasangan dengan membersihkan kotoran dan sisa pemasangan. Menuntaskan pemasangan dengan bersih akan memberikan hasil akhir yang rapi.

Baca Juga: Cara Pasang Shower Air Panas dan Air Dingin dengan Tepat

Manfaatkan Jasa Profesional untuk Pemasangan Keran

Jika Anda kesulitan untuk mengganti keran sendiri di rumah, Anda bisa memanfaatkan jasa profesional melalui Kanggo. Di Kanggo, ada banyak tukang berpengalaman dan terpercaya yang siap membantu kebutuhan perbaikan di rumah Anda.

Mulai dari pemasangan keran, instalasi penampung air, pemasangan water heater, dan lain sebagainya. Anda juga bisa berkonsultasi pada konsultan Kanggo untuk mengetahui kebutuhan perbaikan dengan lebih tepat.

Jadi, serahkan saja urusan cara memasang keran air dengan tepat pada tukang di Kanggo. Yuk unduh aplikasi Kanggo melalui Playstore atau Appstore sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami