BerandaBlog
Cara Kerja Kontraktor Bangunan, Mana yang Paling Cocok buat Anda?

Cara Kerja Kontraktor Bangunan, Mana yang Paling Cocok buat Anda?

Bagikan
Cara Kerja Kontraktor Bangunan, Mana yang Paling Cocok buat Anda?
Mar 21, 2022

Memahami cara kerja kontraktor dan jasa perbaikan akan membantu Anda dalam menghitung biaya yang perlu dikeluarkan. Terutama jika Anda sedang membutuhkan perbaikan di rumah yang tidak bisa ditangani sendiri.

Langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

Cara Kerja Kontraktor dan Jasa Perbaikan

Ada beberapa sistem kerja yang digunakan oleh pemberi layanan perbaikan dan kontraktor bangunan. Pembahasan ini akan merangkum menjadi dua cara kerja, yaitu berdasarkan jenis pekerjaan dan waktu pengerjaan.

Berdasarkan Jenis Pekerjaan

Yang pertama adalah sistem kerja berdasarkan jenis pekerjaan perbaikan dan pembangunan yang dilakukan. Ada beragam jenis pekerjaan dalam bidang layanan ini, mulai dari yang paling sederhana sampai sulit.

Beberapa diantaranya adalah pembuatan dak, pembuatan adonan semen dan pasir, pengecatan, pemasangan rangka bangunan, serta instalasi listrik. Semakin sulit pekerjaan yang harus dilakukan, maka semakin mahal upah tukang yang harus Anda bayar.

Jenis pekerjaan ini juga dapat dibedakan dari besarnya proyek pengerjaan yang dilakukan. Misalnya proyek pembangunan gedung, renovasi bangunan, dan perbaikan rumah. Semakin besar proyek pengerjaan yang dilakukan, upah tukang pun bisa semakin tinggi.

Berdasarkan Waktu Pengerjaan

Selanjutnya adalah sistem kerja berdasarkan waktu pengerjaan. Cara kerja kontraktor dan jasa perbaikan ini biasanya menggunakan perhitungan waktu sesuai dengan hari pengerjaan. Namun ada juga yang dihitung berdasarkan jam kerja, terutama untuk pengerjaan yang tidak butuh waktu lama.

Untuk proyek skala besar seperti pembangunan gedung, biasanya pembayaran upah diberikan per-sekian minggu sekaligus. Bisa setiap satu minggu, dua minggu, atau satu bulan tergantung dengan kesepakatan di awal.

Sedangkan untuk proyek perbaikan yang skalanya lebih kecil, upah bisa dibayar per-hari atau jam kerja. Biasanya sistem pembayaran ini digunakan untuk layanan perbaikan rumah, seperti pengecatan dinding atau pemasangan keramik.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Tips Memilih Jasa Perbaikan Rumah yang Tepat

Selain mengetahui cara kerja kontraktor dan jasa perbaikan, Anda juga perlu mengetahui bagaimana tips memilih untuk urusan perbaikan di rumah. Berikut beberapa tips untuk memilih jasa perbaikan rumah yang tepat.

Memiliki Identitas dan Kredibilitas Bagus

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilih jasa perbaikan rumah adalah identitas dan kredibilitas. Pastikan tukang yang Anda pilih memiliki identitas jelas dan kontak yang mudah dihubungi. Selain itu, pastikan juga tukang pilihan Anda sudah memiliki kredibilitas yang bagus.

Memiliki Pengalaman atau Rekam Jejak

Anda bisa melihat bagaimana kualitas layanan perbaikan dari portfolio, pengalaman, atau rekam jejak mereka. Lihat bagaimana pengalaman pekerjaan sebelumnya, terutama yang berhubungan dengan kebutuhan perbaikan Anda. Dari sini juga Anda bisa menilai bagaimana penerapan cara kerja kontraktor dan jasa perbaikan yang akan dipilih.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mengecek bagaimana testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan layanan yang sama. Dari situ, Anda bisa menilai apakah layanan atau tukang tersebut bisa diandalkan.

Memiliki Perhitungan Harga Jelas

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah perhitungan harga atau upah yang jelas. Pastikan urusan perhitungan harga ini sudah jelas dari awal, yaitu sebelum proyek perbaikan dilakukan. Jangan sampai Anda dikenai biaya-biaya tambahan di akhir pengerjaan nantinya.

Soal memilih layanan perbaikan rumah yang tepat, Anda bisa mempercayakan pada Kanggo. Kanggo memiliki banyak tukang yang terjamin identitas, kredibilitas, dan pengalamannya. Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk kebutuhan perbaikan yang lebih jelas.

Jadi setelah memahami cara kerja kontraktor dan jasa perbaikan, Anda dapat menyerahkan urusan perbaikan pada tukang di Kanggo. Miliki aplikasi Kanggo sekarang di perangkat kesayangan Anda. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami