BerandaBlog
Mengenal Dak Bondek dan Biaya Pemasangannya

Mengenal Dak Bondek dan Biaya Pemasangannya

Bagikan
Mengenal Dak Bondek dan Biaya Pemasangannya
Mar 23, 2022

Biaya dak bondek menjadi salah satu aspek yang perlu Anda perhatikan saat ingin menggunakan jenis dak yang satu ini. Dak yang dikenal juga dengan sebutan floor deck atau smart deck ini memang cukup familiar digunakan di rumah-rumah.

Pembahasan ini akan membahas lebih lanjut mengenai dak bondek, keunggulannya, serta perhitungan biaya yang dibutuhkan. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Mengenal Dak Bondek dan Keunggulannya

Dak bondek merupakan jenis dak yang terbuat dari perpaduan material seng dan alumunium. Jenis dak ini digunakan sebagai pelapis bawah cor dak beton, seperti papan atau triplek. Dak beton sendiri diperlukan saat meningkat rumah atau membuat talang.

Ukuran panjang dak bondek bervariasi, ada yang berukuran 3 meter sampai 8 meter. Untuk lebar, ukuran dak bondek mulai dari 60 cm sampai 1 meter. Sedangkan ketebalan dak bondek mulai dari 0,65 mm sampai 0,75 mm.

Sebelum membahas berapa biaya dak bondek, Anda perlu mengetahui keunggulan dari dak ini. Berikut beberapa keunggulan penggunaan dak bondek yang bisa Anda dapatkan:

Tahan Api

Dak bondek memiliki sifat tahan api dan suhu yang tinggi, dimana dak ini dapat bertahan dalam api selama dua jam. Hal ini tentunya membuat rumah Anda lebih aman jika terjadi kebakaran dan tidak mudah menghantarkan api.

Selain itu, dak bondek juga bersifat anti karat. Dak bondek dapat bertahan dalam waktu yang lama tanpa mengalami korosi atau kerusakan material. Dengan begitu, dak rumah pun bisa awet lebih lama.

Pengerjaan Cepat

Keunggulan dak bondek yang selanjutnya adalah proses pengerjaan yang lebih cepat dibanding dak konvensional. Tak hanya cepat, pengerjaan dak bondek juga memberikan hasil yang rapi. Dengan begitu, biaya dak bondek yang Anda keluarkan tak menjadi sia-sia.

Hemat Besi dan Tiang Penyangga

Menggunakan dak bondek berarti Anda dapat menghemat penggunaan besi dan tiang penyangga. Dak bondek hanya membutuhkan satu lapisan besi dalam proses pemasangannya. Anda juga bisa menggunakan material alternatif pengganti besi, yaitu wire mesh.

Untuk tiang penyangga, jarak antar tiang dapat lebih jauh dibanding pada cor triplek. Pada cor triplek, Anda perlu memasang tiang penyangga tiap 40 – 60 cm. Sedangkan pada dak bondek, Anda bisa memasang tiang penyangga dengan jarak 1 – 1,2 meter.

Baca Juga: 7 Model Dak Teras Rumah Minimalis, Bikin Tampilan Jadi Modern

Menghitung Biaya Dak Bondek

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Ada dua aspek yang perlu Anda garisbawahi saat menghitung anggaran untuk dak bondek. Yang pertama adalah harga material, yang akan dibahas lebih lanjut pada bagian ini. Dan yang kedua adalah harga pengerjaan tukang, yang bervariasi tergantung jasa yang Anda pilih.

Material yang dibutuhkan untuk pengerjaan dak bondek adalah bondek, wire mesh, semen, pasir beton, dan batu split. Sebagai ilustrasi, perhitungan biaya ini untuk ruangan dengan ukuran 5 x 11 meter.

Berikut rincian biaya per-material yang perlu Anda keluarkan:

Bondek

  • Harga satuan: Rp 540.000
  • Jumlah yang dibutuhkan: 10 lembar
  • Biaya material: Rp 5.400.000

Wire mesh

  • Harga satuan: Rp 515.000
  • Jumlah yang dibutuhkan: 4 lembar
  • Biaya material: Rp 2.060.000

Semen

  • Harga satuan: Rp 55.000
  • Jumlah yang dibutuhkan: 40 sak
  • Biaya material: Rp 2.200.000

Pasir beton

  • Harga satuan: Rp 220.000
  • Jumlah yang dibutuhkan: 4 colt
  • Biaya material: Rp 880.000

Batu split

  • Harga satuan: Rp 260.000
  • Jumlah yang dibutuhkan: 5 colt
  • Biaya material: Rp 1.300.000

Sehingga untuk total biaya material keseluruhan pembuatan dak bondek adalah Rp 11.840.000.

Serahkan Pemasangan Dak Bondek pada Ahlinya

Setelah semua material siap, serahkan proses pemasangan pada ahlinya di Kanggo. Ada banyak tukang berpengalaman yang dapat membantu pemasangan dek dan urusan perbaikan rumah lainnya.

Dengan harga yang sudah jelas, memanfaatkan jasa tukang di Kanggo dapat memudahkan dalam perencanaan biaya dak bondek. Miliki aplikasi Kanggo sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami